Skip to content

Ketahui 4 Manfaat Menstruasi yang Mengejutkan

Menstrucare pereda nyeri menstruasi

Siapa bilang menstruasi cuma bikin kram dan mood swing? Ternyata ada banyak manfaat dari menstruasi yang banyak orang belum ketahui loh! Simak keempat manfaatnya berikut:

  1. Menghambat Proses Penuaan
    Menurut penelitian  Dr. Thomas Perls, seorang pakar di Amerika Serikat, perempuan biasanya menua lebih lambat daripada laki-laki. Ini terjadi karena kandungan zat besi dari tubuhnya berkurang saat menstruasi. Kelebihan zat besi ternyata akan menyebabkan radikal bebas lebih mudah masuk ke dalam tubuh yang artinya, tidak hanya mempercepat proses penuaan, tapi juga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit Alzheimer.
  1. Membuat mood dan penampilan menjadi lebih baik
    Para pakar menilai bahwa menstruasi bisa membuat mood dan penampilan menjadi lebih baik yang diakibatkan hormon yang timbul selama menstruasi berlangsung. Meski untuk beberapa perempuan, menstruasi membuat mood swing, namun di hari ketiga atau keempat masa menstruasi, perempuan cenderung akan memiliki perasaan dan penampilan yang jauh lebih baik dari biasanya. Dalam artian, tubuh menjadi lebih nyaman dan terhindar dari perasaan cemas dan mood yang tidak teratur. 
  1. Pembersih alami tubuh
    Proses menstruasi ini akan melepaskan bakteri-bakteri jahat di dalam sistem reproduksi. Manfaat dari menstruasi ini akan mengeluarkan zat besi yang berlebihan dalam tubuh. Hal ini akan mengurangi risiko kanker kardiovaskular serta mencegah penyakit jantung, stroke, dan lain-lain. Proses pembersih alami ini pun salah satu keistimewaan dari proses menstruasi yang datang setiap bulannya.
  1. Menjaga Keseimbangan Hormon
    Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi penanda adanya ketidakseimbangan hormon. Salah satu manfaat menstruasi yang dialami para perempuan setiap bulan, adalah bisa mencegah gangguan hormon. Siklus menstruasi yang teratur menunjukkan bahwa tubuh bekerja seperti yang seharusnya pada perempuan. Ini juga berguna untuk menjaga keseimbangan hormon testosteron dan estrogen yang sering kali tidak stabil pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketahui 4 Manfaat Menstruasi yang Mengejutkan

Menstrucare pereda nyeri menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Coba
Menstrucare