Skip to content

Sering Sembelit Saat Menstruasi? Cobain Tips Berikut Yuk!

Menstrucare pereda nyeri menstruasi

Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang menyebabkan kamu merasa kesulitan buang air besar. Saat terkena sembelit, kamu biasanya akan memiliki frekuensi buang air besar yang menjadi lebih jarang atau lebih sedikit dari biasanya. Lalu, kenapa saat menstruasi hal ini lebih sering terjadi? 

Sembelit saat kamu menstruasi bisa terjadi karena adanya pengaruh hormon. Peningkatan hormon progesteron dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, termasuk memicu sembelit. 

Ada beberapa tips berikut yang bisa kamu lakukan ketika kamu mulai terkena sembelit saat menstruasi:

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat
    Saat kamu mengalami sembelit, kamu wajib untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan tentunya mengandung serat yang tinggi. Makanan-makanan seperti sayur-sayuran, apel, sayuran berdaun hijau gelap atau kacang-kacangan selain mengandung serat yang tinggi juga dapat membantu meningkatkan volume feses sehingga membantunya bergerak dengan mudah dalam sistem pencernaan. 
  2. Perbanyak Minum Air Putih
    Kekurangan cairan bisa menyebabkan permasalahan pencernaan, salah satunya sembelit. Salah satu cara untuk menghindari hal tersebut bisa dengan rutin mengkonsumsi air minum sebanyak 8-12 gelas per hari.
  3. Olahraga
    Berolahraga berarti kamu melakukan gerakan fisik. Nah, gerakan ini bisa membuat usus dan isinya bergerak. Beberapa orang mungkin merasa kesulitan untuk menemukan motivasi berolahraga apalagi ketika sedang mengalami kram menstruasi. Namun, kamu tetap bisa berolahraga ringan seperti berjalan kaki selama 20 menit dalam sehari saja sudah bisa membantu mengatasi permasalahan sembelit kamu.
  4. Kompres Air Hangat
    Dengan air hangat dapat membantu kamu memperlancar peredaran darah sehingga membantu kamu meredakan sakit sekaligus mulas pada perut jika buang air besar saat menstruasi. Cara ini juga bisa membantu meredakan keluhan nyeri kram menstruasi kamu.
  5. Konsultasikan Ke Dokter
    Terakhir, jika rasa sakit atau sembelit kamu semakin menjadi-jadi saat menstruasi, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut ya Carefam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sering Sembelit Saat Menstruasi? Cobain Tips Berikut Yuk!

Menstrucare pereda nyeri menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Coba
Menstrucare