Skip to content

Kenali menstrual cup dan cara pemakaiannya

Apakah dari kalian ada yang belum pernah mendengar apa itu menstrual cup? Atau diantara kalian sudah ada yang menggunakan menstrual cup?

Menstrual cup merupakan produk pengganti pembalut yang bentuknya seperti corong dan terbuat dari karet atau silikon. Berfungsi sebagai tempat penampung darah menstruasi bukan menyerapnya. Beberapa hal positif dari Menstrual Cup yaitu:

  1. Tahan Lama
    Sudah jelas produk ini ramah lingkungan karena dapat dipakai kembali setelah dicuci bersih. Menstual cup dapat digunakan dalam kurun waktu 6 bulan hingga 5 tahun tergantung dari cara perawatannya.
  2. Kapasitas Besar
    Menstrual cup ini dapat menampung kurang lebih 40ml darah kotor dibandingkan dengan pembalut yang hanya menampung kurang lebih 10ml darah. Itu sebabnya menstrual cup dapat dipakai lebih lama sekitar 6-12 jam.
  3. Tidak Berbau
    Karena cara penggunaannya didalam vagina sehingga tidak membuat darah haid terpapar udara. Berbeda dengan penggunaan pembalut akan menjadi waswas jika darah terkena udara.
  4. pH Terjaga
    Fungsi menstrual cup hanya untuk menampung darah sehingga tidak akan mengganggu pH serta bakteri baik pada vagina. Jika penggunaan pembalut karena adanya penyerapan sehingga mempengaruhi pH vagina serta mennganggu bakteri baik yang terdapat pada vagina.
  5. Aman
    Fakta membuktikan dengan penggunaan menstrual cup akan menurunkan resiko terjadi infeksi bakteri dan juga produk ini tidak menimbulkan lecet dan ruam yang terkadang muncul akibat penggunaan pembalut.

Itu dia keunggulan dari produk menstrual cup. Apakah kamu tertarik untuk beralih menggunakan menstrual cup? Jika kalian tertarik untuk menggunakan menstrual cup, kami akan beritaukan cara pemakaian yang benar. Simak cara-cara dibawah ini dengan baik:

  • oleskan sedikit air pada bibir menstrual cup supaya lebih mudah saat dimasukkan
  • jepit atau lipat menjadi dua bagian pada bibir menstrual cup
  • masukkan corong atau bibir menstrual cup dalam posisi terlipat ke dalam vagina. Setelah dimasukkan, corong akan terbuka lagi secara otomatis dan terpasang pada posisi dalam saluran leher rahim
  • masukkan kembali jari ke dalam vagina untuk memutar bagian bawah corong supaya mensegel bagian kedap udara dengan demikian darah menstruasi tidak akan bocor Apabila menstual cup sudah penuh, bagaimana cara untuk mengambilnya kembali:
  • letakkan jari telunjuk dan jempolmu kedalam vagina. ambil bagian ujung menstrual cup lalu tarik secara perlahan sampai dicapai bagian corong menstrual cup
  • cubit bagian dasar corong tersebut untuk melepaskan segel kedap udara lalu tarik corong keluar
  • setelah keluar buang darah haid yang sudah tertampung dalam corong kemudian cuci menstrual cup sampai bersih

Itu dia cara pemakaian menstrual cup, Apakah kalian sudah tertarik dan ingin mencoba menggunakan menstrual cup? Selamat mencoba ladies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kenali menstrual cup dan cara pemakaiannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Coba
Menstrucare