Skip to content

5 Tanda Menstruasi Kamu Akan Segera Datang, Cek Apa Saja Tanda-tandanya?

5 tanda menjelang menstruasi

Sebelum menstruasi biasanya para perempuan merasakan tanda-tanda menstruasi dalam beberapa hari sebelumnya. Meski tanda-tanda menstruasi yang dirasakan ini berbeda-beda, secara umum gejala menstruasi yang biasa dirasakan perempuan sebagai berikut:

  1. Sindrom Pre Menstrual (PMS)
    Tanda paling umum yang pertama sebelum menstruasi adalah PMS. PMS ini mencakup beberapa gejala secara emosional dan fisik yang mungkin dirasakan seperti; kurang fokus, mudah menangis, cemas, kram, pegal hingga marah. 

  1. Muncul Berbagai Jerawat
    Siapa yang selalu berjerawat tiap mau menstruasi? Nah munculnya jerawat ini menjadi salah satu tanda bahwa menstruasi kamu akan segera tiba. Tenang, biasanya jerawat hormonal ini akan segera hilang setelah kamu selesai mendapatkan menstruasi.

  1. Mood Swing
    Selain tanda-tanda perubahan fisik, menjelang menstruasi juga bisa merubah suasana hati kamu menjadi tidak stabil atau mood swing. Biasanya kamu akan menjadi mudah marah, menangis hingga marah. Hal ini bisa terjadi karena adanya hormon estrogen yaitu hormon yang dapat meningkatkan suasana hati, tingkat hormon ini diketahui turun sedikit sebelum kamu menstruasi. 

  1. Nafsu Makan yang Meningkat
    Sebagian orang menjadi memiliki nafsu makan yang meningkat saat menjelang menstruasi. Peningkatan hormon saat dan ketika menuju menstruasi pada perempuan ini bisa menyebabkan keinginan makan yang jadi lebih tinggi. Tak jarang sebagian perempuan pun mengalami ngidam makanan tertentu.

  1. Nyeri Payudara
    Saat kamu menjelang menstruasi, payudara kamu menjadi lebih sakit atau berat juga terasa lembut yang dikarenakan pembengkakan hormon yang diakibatkan naiknya hormon prolaktin yaitu hormon yang meningkatkan produksi susu.

Dari ciri-ciri diatas, mana yang sering kamu alami sebelum kamu menstruasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 Tanda Menstruasi Kamu Akan Segera Datang, Cek Apa Saja Tanda-tandanya?

5 tanda menjelang menstruasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Coba
Menstrucare