Skip to content

Menstruasi Bikin Kamu Selalu Laper? Cek Penyebabnya Yuk!

Menstruasi bikin selalu lapar

Ketika sedang menstruasi, hormon tubuh akan mengalami banyak perubahan. Salah satu ya adalah menjadi mudah lapar atau selalu ingin makan. Penyebab utamanya adalah fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang dimulai sejak sebelum masa haid. Ketika menstruasi datang, tubuh akan membakar 15 persen lebih banyak kalori dan menyebabkan tubuh merasa lebih lapar.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan ketika selalu merasa lapar saat menstruasi?

  1. Pilih cemilan yang sehat
    Kamu bisa memilih camilan yang sehat seperti buah sebagai camilan manis. Namun, jika kamu ingin makan makanan gurih asin, pilih yang rendah kalori seperti kacang-kacangan, popcorn, dan kuaci. Meskipun pada kenyataannya kamu tak suka jika nafsu makan tinggi dan selalu lapar saat haid, namun kamu perlu merasa baik tentang diri sendiri selama haid agar perasaan juga tetap terjaga, jadi kamu tidak perlu stres.
  2. Imbangi dengan olahraga
    Selain memilih makanan yang sehat. Kamu juga bisa mengimbanginya dengan menambah aktivitas fisik seperti olahraga 30 menit per hari. Olahraga juga bisa meringankan kram perut, sehingga kamu manfaat yang berlipat.
  3. Jangan bandingkan diri kamu dengan orang lain
    Efek menstruasi ini tentu saja berbeda pada setiap wanita, jangan membandingkan apa yang kamu alami dengan orang lain. Apalagi tentang nafsu makan. Jika kamu merasa nafsu makan terlalu tinggi, minum air lebih banyak sehingga tak perlu makan berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menstruasi Bikin Kamu Selalu Laper? Cek Penyebabnya Yuk!

Menstruasi bikin selalu lapar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Coba
Menstrucare