Skip to content

Warna Darah Haid dan Artinya

Saat datang bulan, wanita biasa mengeluarkan darah berwarna merah segar. Tapi ternyata warna darah haid dapat berubah-ubah seiring berjalannya siklus menstruasi. Mulai dari merah tua, merah muda maupun coklat, warna darah yang keluar saat haid dapat dipengaruhi oleh lamanya darah tersebut didalam rahim dan vagina. Semakin lama darah tersebut di dalam rahim atau vagina, maka warnanya akan semakin gelap. Warna darah pada saat menstruasi juga bisa mencerminkan kondisi kesehatan reproduksi wanita.

Berikut warna darah haid dan artinya :

1. Warna darah hitam

Warna darah hitam saat haid menunjukan bahwa darah sudah teroksidasi dalam jangka waktu yang lama di dalam rahim, yang dapat diakibatkan oleh penyumbatan pada vagina. Darah yang berwarna hitam atau gelap biasa muncul di awal atau akhir menstruasi. Namun darah yang berwarna hitam 

hanya salah satu dari gejala vagina tersumbat, gejala lain dapat berupa darah berbau tidak sedap, demam, susah buang air kecil dan vagina gatal. Jika terjadi penyumbatan pada vagina, segera konsultasi ke dokter.

2. Warna darah coklat atau merah tua

Seperti layaknya darah haid berwarna hitam, darah coklat atau merah tua biasa muncul di awal atau akhir siklus menstruasi. Darah haid berwarna coklat atau merah tua ternyata juga bisa jadi salah satu tanda awal kehamilan, jika terjadi bersamaan dengan telat haid, mual, lemas, nyeri payudara, dll.

3. Warna darah merah cerah

Warna darah yang cerah menunjukan bahwa darah merupakan darah yang segar dan baru. Merupakan warna darah yang normal saat haid.

4. Warna darah pink

Warna darah merah muda atau pink dapat terjadi jika terdapat penurunan hormon estrogen, yang mungkin terjadi sebagai efek samping penggunaan kontrasepsi hormonal. Warna darah berwarna pink dikarenakan darah bercampur dengan cairan serviks.

5. Warna darah orange

Selain merah muda, tidak menutup kemungkinan darah yang bercampur dengan cairan serviks akan menghasilkan warna darah berwarna orange.

6. Warna darah abu-abu

Warna darah yang berwarna abu-abu wajib diwaspadai. Karena darah yang berwarna abu-abu berarti orang tersebut sedang mengalami vaginosis bakterialis. Selain darah yang berwarna abu-abu, penderita biasa juga mengalami vagina gatal, darah yang berbau sangat amis, dan vagina terasa nyeri dan panas saat buang air kecil. Jika hal ini terjadi segera konsultasikan ke dokter, agar dapat ditangani dengan tepat.

Itulah beberapa Warna Darah Haid dan Artinya Versi tim literasi Menstrucare yang di rangkum dari beberapa sumber seperti www.halodoc.com & www.klikdokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Warna Darah Haid dan Artinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Coba
Menstrucare