Skip to content

Cara Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat-obatan

Saat menstruasi, lebih dari 60% dari demografis wanita di Indonesia seringkali menderita rasa nyeri di beberapa bagian tubuh seperti dibawah perut, punggung, leher/bahu dll. Walaupun cenderung normal untuk dialami, hal tersebut seringkali menjadi penyebab terganggunya aktifitas para wanita. Maka dari itu, mengerti penyebab dari nyeri menstruasi dan cara mengatasinya merupakan hal yang sangat penting untuk dimengerti, berikut ini merupakan penyebab dari nyeri menstruasi dan tips cara mengatasinya ala Menstrucare.
Penyebab Nyeri Saat Menstruasi

Salah satu penyebab utama dari nyeri haid adalah luruhnya dinding rahim saat haid yang kemudian mengakibatkan kontraksi otot dan menyebabkan nyeri di bagian bawah perut yang sering dinamakan juga dengan dysmenorrhea. Proses kontraksi otot tidak jarang juga terjadi di bagian tubuh lain seperti punggung, bahu, leher, dan bagian tubuh lain. Namun, pada kali ini kita akan bahas cara meredakan nyeri haid yang paling umum dulu ya, yang biasa terjadi di bagian bawah perut saat awal menstruasi.

Tips cara atasi nyeri haid tanpa obat-obatan ala Menstrucare

1. Menjaga Asupan Air Dalam Tubuh

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan di rumah untuk mengurangi nyeri saat haid dengan memastikan kebutuhan air dalam tubuh tercukupi dengan baik. Karena pada saat kebutuhan air dalam tubuh tercukupi, kita dapat terhindar dari perut kembung yang sering kali memperburuk keadaan. Hidrasi tubuh dengan konsumsi 6 hingga 8 gelas air setiap hari, terlebih saat datang bulan.

Menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik dapat juga dilakukan dengan konsumsi buah-buahan seperti apel, jeruk, lemon, nanas, maupun semangka. Selain dapat mencukupi asupan air dalam tubuh, buah juga mengandung banyak vitamin yang menyehatkan. Terlebih lagi, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam karena garam dapat menimbulkan retensi cairan dan mengakibatkan kembung. Perhatikan juga untuk mengurangi konsumsi minuman beralkohol yang dapat mengakibatkan dehidrasi.

2. Beri panas di daerah yang nyeri

Panas sudah terbukti secara klinis untuk meredakan atau mengurangi nyeri haid hampir secara instan. Mengaplikasikan panas di daerah bawah perut saat nyeri haid dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan nyeri haid sepenuhnya. Seperti menempelkan Menstrucare pada bagian dalam pakaian dalam di bawah perut, karena Menstrucare akan panas secara otomatis setelah kontak dengan udara melalui MaxHeat Technology dan menghasilkan panas hingga 60˚C selama 8 jam++.

3. Berolahraga Ringan

Walaupun terlihat berlawanan untuk berolahraga saat sedang mengalami nyeri menstruasi, tetapi percayalah bahwa olahraga yang tepat dapat mengurangi nyeri menstruasi. Karena pada saat berolahraga, otak akan melepaskan zat endorfin yang berfungsi mengurangi rasa sakit dalam tubuh dan meningkatkan rasa positif. Tidak perlu olahraga berat, cukup olahraga ringan seperti jalan kaki dan berlari secara rutin untuk merasakan efeknya. Selain itu yoga juga merupakan salah satu pilihan yang baik untuk dilakukan saat nyeri haid, karena yoga dapat me-relaxkan badan dan memperlancar peredaran darah di sekitar panggul.

4. Minuman Herbal

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi minuman herbal seperti teh camomile dan jahe hangat dapat menjadi alternatif lain untuk meredakan nyeri haid. Dikarenakan minuman tersebut dapat melemaskan otot yang tegang dan minuman seperti jahe hangat juga dapat memberikan kehangatan pada tubuh yang berguna untuk mengurangi nyeri haid. Selain itu, kunyit juga dinilai dapat digunakan untuk mengatasi nyeri haid, karena kandungan kurkumin dapat menjadi zat anti peradangan yang menyebabkan nyeri haid.

Demikian merupakan penyebab nyeri menstruasi dan beberapa cara atasi nyeri haid tanpa obat-obatan ala Menstrucare kali ini. Semoga setelah menerapkan beberapa tips tersebut dapat membantu mengurangi nyeri haid kalian dan beraktifitas seperti biasa. Jangan lupa untuk selalu #sharethecare dengan share artikel diatas ke orang-orang tersayang, dan alangkah baiknya apabila selalu sedia Menstrucare di rumah sebelum nyeri haid datang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Atasi Nyeri Haid Tanpa Obat-obatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gratis Coba
Menstrucare